Pemerataan dan Perluasan Mutu Pendidikan Melalui SD Rujukan

LPMP Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Sekolah Dasar (SD) Rujukan pada tanggal 22 s.d. 25 Mei 2019. Kegiatan bertujuan untuk perluasan akses dan meningkatkan mutu pendidikan. Serta mendukung program SD Rujukan sebagai sentra pembinaan dan rujukan bagi sekolah lain dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. 

Sasaran peserta kegiatan berjumlah 18 (delapan belas) orang terdiri dari Kepala Sekolah dan Ketua Tim Penjaminan Mutu Sekolah. SD Rujukan terdiri dari SDN 003 Bintan Timur, SDN 002 Karimun, SDN 002 Singkep, SDN 007 Ranai Darat, SDN 001 Tarempa, SDN 004 Tanjungpinang Timur, SDN 006 Sekupang, SDIT Al Madinah Tanjungpinang Timur, SDIT At Taubah. 

Kepala LPMP Kepulauan Riau, Drs. Irwan Safii dalam sambutannya mengatakan melalui kegiatan Bimtek Peningkatan Mutu Sekolah dasar diharapkan SD Rujukan menjadi contoh bagi sekolah lain dalam pengembangan pengetahuan dan pelaksanaan praktik-praktik baik (best practices). Melalui Program Bantuan Pemerintah (Bantah), diharapkan sekolah dasar penerima dapat melaksanakan fungsinya sebagai rujukan bagi sekolah lain dalam melaksanakan pendidikan yang bermutu.

Narasumber dari Direktorat Pengembangan Sekolah Dasar, Tiur Magdalena Sirait menambahkan Tujuan Program Bimtek mendukung Sekolah Dasar Rujukan adalah dapat menerapkan literasi dan penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Mendukung SD Rujukan untuk melaksanakan perannya yaitu mendesiminasikan pengalaman dan hasil-hasil kinerja terbaik serta inovasi yang telah dikembangkannya ke sekolah lain.

Materi Bimtek Peningkatan Sekolah Dasar terdiri dari SPMI, Pengembangan Sekolah berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan, Penguatan Peran TPMPS, Kelas Digital, Proses Pembelajaran HOTS, Integrasi PPK, Literasi, Penerapan Keterampilan 4C dan Praktik baik yang telah diterapkan di Sekolah Rujukan. Fasilitator terdiri dari Imam Edhi Priyanto, M.M.Pd., Roni Indra, S.Sos., M.Pd., Hos Arie Rhamadhan Sibarani, SH.MH., Dwi Afrini Risma, S.Si. Moderator Farah Niba, S.Pt., M.M.

SD Rujukan dan Bantuan Pemerintah

Pembangunan pendidikan difokuskan pada keunggulan kompetitif berbasis sumber daya manusia. Pembentukan insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan dilandasi semangat gotong royong. Sekolah Dasar Rujukan dikembangkan di setiap Kabupaten/Kota, masing-masing satu Sekolah Dasar Rujukan. 

Kriteria SD Rujukan, sekolah negeri/swasta terbaik di satu zona dengan akreditasi A, diutamakan letak sekolah strategis, mudah dijangkau dana man, memiliki keunggulan: praktik-praktik baik dan inovasi dalam pembelajaran dan penilaian, Manajemen Berbasis Sekolah, dan Ekstrakulikuler. Bersedia mengimbaskan ke sekolah lain diwilayahnya, pelaksana Kurikulum 2013 dan telah meluluskan peserta didik berdasarkan Kurikulum 2013.

Indikator keberhasilan Sekolah Rujukan adalah sekolah mampu dan berkomitmen untuk menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, Sekolah memiliki tim penjaminan mutu pendidikan, sekolah meningkatkan mutu secara berkelanjutan dan terukur sesuai SNP, sekolah memiliki budaya mutu.

Penulis: Hos Arie Rhamadhan Sibarani, SH.MH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran

Pages